Selasa, 05 Januari 2016

MAKALAH SINGKAT EMBARGO EKONOMI



EMBARGO EKONOMI
Embargo ekonomi adalah larangan perdagangan dengan negara lain ataukelompok negara. Pembatasan ini dapat di ekspor dan / atau impor, dandapat menjadi larangan total perdagangan atau terbatas pada produk tertentu.Embargo dapat dinyatakan baik oleh satu negara, atau oleh sekelompok negara terhadap negara tertentu untuk mengisolasi itu, pemerintah dantekanan yang menyebabkan itu untuk membalik kebijakan tertentu. Kadang-kadang embargo yang diterapkan Negara terhadap perilaku yang telahdikutuk oleh masyarakat internasional. Dalam perdagangan internasional, sebuah embargo adalah sanksi dimandatkan pemerintah yang membatasi perdagangan dengan wilayah asing. Embargo dapat membatasi impor, atau ekspor, atau keduanya.
·        Definisi embargo bisnis
Larangan kategori perdagangan yang dapat diterapkan baik untuk ekspor atau impor. Sebagai contoh, kekhawatiran tentang penyakit dapat menyebabkan Perancis untuk melakukan embargo atas impor daging sapi dari Amerika Serikat.
·        Definisi embargo finance
1. Larangan oleh pemerintah atau organisasi yang mencegah barang-barang dari yang dikirim ke atau keluar dari suatu negara. Salah satu yang paling mengesankan adalah embargo embargo minyak yang dipaksakan oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada awal tahun 1970 untuk memprotes kebijakan AS terhadap Israel. Itu efek menaikkan harga minyak secara drastis dan mengakibatkan antrean panjang bagi kendaraan bermotor di pom bensin.
2. Tindakan yang lewat di laporan ekonomi atau berita rilis kepada pers, tetapi mensyaratkan bahwa informasi tidak akan disebarkan hingga beberapa waktu mendatang atau tanggal. Embargo memberi wartawan kesempatan untuk mempersiapkan cerita-cerita mereka tanpa terburu-buru dan berpotensi membuat kesalahan. Statistik ekonomi AS, seperti laporan pengangguran, yang dirilis 30 menit sebelum waktu yang mereka menjadi informasi publik. Selama waktu itu reporter mempersiapkan cerita-cerita mereka sehingga mereka benar-benar tersedia pada waktu rilis.
Contoh Kasus Embargo
1.         Perang Irak yang selesai pada tahun 1991 telah mengucilkan Irak dari berbagai sumber teknologi yang bisa dimanfaatkan menjadi peralatan perang. Bahkan anggaran belanja Irak pun dibatasi dan diawasi melalui program Oil for Food. Walaupun terkena embargo selama lebih dari 12 tahun, bangsa Irak tetap dicurigai mempunyai kemampuan teknologi perang, senjata pemusnah masal. Tim yang dibentuk oleh Dewan Keamanan PBB, setelah mengadakan pemeriksaaan dilapangan, dengan tegas telah menegaskan bahwa Irak tidak mempunyai kemampuan teknologi yang di-'takutkan' oleh dunia. Hasil tim PBB ini tidak digubris oleh AS dan koalisinya. Dengan 'kekuatan' yang demikianlah Irak harus menghadapi gempuran persenjataan canggih AS dan koalisinya
2.         Krisis minyak tahun 1973 yang mempengaruhi Amerika Serikat dihasilkan dari OPEC embargo atas penjualan minyak ke AS pada pembalasan untuk menyediakan bantuan militer kepada Israel. Embargo cenderung menyakiti industri dalam negeri dipengaruhi oleh kebijakan dan untuk mengundang pembalasan. AS menggunakan embargo dalam banyak konteks tertentu, terutama terhadap negara-negara yang dianggap sebagai sponsor terorisme. Kurang ekstrim pembatasan perdagangan bebas dari embargo, seperti tarif dan ekspor tugas ini bahkan lebih sering. Istilah embargo adalah kadang-kadang disalahgunakan untuk diterapkan ke boikot, yang umumnya merupakan gerakan akar rumput untuk berhenti membeli dari sebuah bisnis, juga sebagai alat hukuman.
SUMBER
  1. https://www.scribd.com/doc/58787896/Embargo-Dan-Sanksi.
  2. http://news.liputan6.com/read/55084/pbb-menyetujui-embargo-terhadap-irak-diakhiri.
  3. http://www.academia.edu/5726810/ANEKSASI_AMERIKA_KE_IRAK.
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Embargo.
  5. http://dunia.tempo.co/read/news/2003/04/26/05911321/amerika-ingin-sanksi-ekonomi-terhadap-irak-dicabut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar